Pinter,Cerdas atau Jenius??? Entahlah... -_-

Assalamu'alaikum Wr Wb....

Halooo teman-teman yang suka baca blog ini atau sekedar main... hehe
Ayo kita cerita-cerita sekarang.Hhm,,semoga diakhir bisa dapat manfaat ya.Semogaa...

Menurut kabar yang beredar sejak saya masih bocah,banyak orang yang bilang kalau "Anak SMAKBo itu kerjaannya belajar mulu.Gak main,lebih suka berkutat dengan buku buku tebal".Ayo kita telaah mengenai hubungan antara belajar,pintar,dan waktu untuk bermain.".

Sebenarnya ini menurut penelitian saya dan pengalaman saya selama mau 10 tahun belajar di Indonesia,jadi mohon maaf kalau agak sok ide.hehe

1.Apa itu pinter?
Pintar itu identik dengan nilai yang bagus,sekali dapat nilai 100 pasti bakal di cap pinter.Nah inilah pengertian yang dijadika paham pendidikan Indonesia,yang menurut saya salah besar dan paham ini nista sebenarnya *lebay*

2.Apa itu jenius??
Jenius adalah ketika dia mempelajari suatu ilmu untuk kebaikan dia sendiri.Dia bakal memahami sangat dalam akan ilmu itu,dia gak terlalu mementingkan nilai *mungkin*.Tapi dia bakal menggunakan ilmu yang dia pelajari dalam kehidupan sehari-hari.

3.Apa itu cerdas?
Cerdas adalah ketika orang mampu memahami suatu ilmu,mampu mengamalkan suatu ilmu,mampu menyampaikan suatu ilmu,mampu mengajarkan suatu ilmu,dan mampu membagi ilmu itu dengan sesama.Nah ini yang paling bagus!!!.Orang cerdas cenderung memikirkan apa yang akan dilakukannya,memanfaatkan kondisi dengan sebaik-baiknya,bergerak sesuai dengan yang dia inginkan.

Dari SD sampai sekarang saya SMA,saya udah nemuin banyak orang-orang hebat.Mulai dari 2 kakak kelas jenius saya yang selalu menjadi andalan sejak SD sampai SMP.Ada juga kakak kelas saya dari SD yang cerdas dalam hal akademik bagus dalam hal organisasi juga bagus.Ada juga teman saya sejak SD yang jenius.Ada juga teman saya yang jago banget dalam hal otak dan berbicaranya...

Dan di SMA ini lebih banyak orang-orang hebat yang saya temui dan lebih beragam,berikut daftarnya:
a.Mamat (Rahmat Hidayat)=Dia itu pinter dalam otak walau pikirannya selalu kemana-mana -_-
b.Indah = Ini anak pinter + rajin.Anak impian semua ibu...
c.Ika = kalau menurut saya dia golongan cerdas,dia bisa megang semuanya.Ika kamu tuh cerdas jangan pernah liat dari nilai *eaaa*.Sukses tidaknya seseorang gak dilihat dari nilai tapi dari proses!!!.Buat apa gunanya nilai kalau ilmu itu gak berguna buat kalian *ceilah*
d.Ada kakak kelas aku dari SMP,dan dia tergolong cerdas !!!.Dalam hal pelajaran dia jago,tapi dia juga selalu berbagi buat teman-temannya.Dan hidup dia selalu happy tanpa beban.Walau klu kecewa pernah nangis yaa hehe...
e.Kakak kelas aku jga di SMA.Dalam otak gila dia tuh pinter banget !!! Dia punya segudang aktivitas tapi aktivitas dia itu selalu berguna bagi orang lain.Dan dia rendah hati.Ini bener-bener cerdas.Dan dia gak pernah kebawa beban.Always happy...
f.2 kakak kelas yg 1 SMP sama aku.Mereka itu emang udah jadi andalan sekolah dari dulu sampe sekarang.Dan mereka cerdas banget !!!

Dan masih banyak lagi deh.Ada yang cerdasnya seimbang antara pelajaran dan seni seimbang gitu.Emang unik-unik gitu deh.Mereka itu emang hebat-hebat...
Kadang bingung sama orang-orang hebat gimana yaa belajarnya?.Pernah stress gak?.Pernah gagal gak?.Kalau gagal gimana rasanya?.Mereka itu jarang main apa?.Apa mereka seperti ini terus??
Hhm sangat berbeda dengan saya yang mudah stress dan gampang drop kalau gagal !!!
Jadi saya gak suka kalau dipanggil pinter atau apapun.Sebenarnya semua orang itu mampu kok cuma kadang usaha atau takdirnya berbeda-beda.
Kalau boleh pilih saya lebih memilih buat jadi orang hebat yang tetap bahagia sukses dan ketika dibutuhkan bisa.Maksudnya dalam hal otak bisa diandalkan,agama bisa dipertanggung jawabkan,kehidupan sosial tetap seimbang,punya banyak teman,bisa dapat kerja yang bagus dan kuliah ditempat yang diinginkan,dan bisa membanggakan kedua orang tua.

Hhm tapi kayaknya kriteria pelajar yang baik di Indonesia itu kebanyakan dari nilai ya???

Kenapa coba?.Apa nilai selalu membuktikan bahwa orang itu mampu?.Kan nggak...
Kadang aneh sama sistem pelajaran di Indonesia.

Sejak kecil sampai belum lama ini saya termasuk anak yang gampang kecewa,nge drop kalau GAGAL !!!
Tapi saya dapat petunjuk dari teman saya yaitu Siti Fanny Amaniah bahwa "Gagal itu bukan berarti kita bodoh.Emang kita harus ngulang dan itu capek.Tapi orang yang mengulang itu bisa lebih mengerti daripada yang gak ngulang sama sekali".Perkataan alay ini bener juga.Jadi sejak saat itu emang nyesek sih dapat kegagalan tapi ya udah sih mau nangis meraung-raung juga gak bakal balik kan?.

"Jangan pernah fikirkan hasil.Tapi rasakan setiap prosesnya"

Itu termasuk pelajaran yang saya dapat di SMAKBo.Gagal itu wajar tapi gimana cara kita meminimalisir kegagalan.
Jadi seharusnya nilai itu gak usah difikirin.Kalau kamu emang gak dapet nilai sebagus yang lain,ya udah emang kenapa?.Biarin aja kali.Yang penting kalian udah usaha... :)

Sebenarnya ini postingan rada gak jelas tapi semoga manfaat ya hehe :)

Komentar

Postingan Populer