Pendidikan Moral,Seberapa Pentingkah???

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Hallo readers,finally bisa nulis lagi di blog ini.Dan bisa ngeshare sesuatu... Hahahaha

Actually,sepertinya sekarang lagi pengen ngeshare tentang opini sendiri nih.Berhubung lagi rame kasus "kenakalan remaja" terutama kasus penyiraman dengan air keras dan soda api nih.Kayaknya bikin bingung ya,sebenernya apa sih yang ada dibenak/fikiran anak-anak tersebut.Dan kenapa mereka masih sempet-sempetnya tawuran.Padahal SMA itu berat sob... -_-

Dari pengalaman sekolah dari SD, biasanya anak-anak tuh tawuran gara-gara hal sepele.Seperti.....

  1. Berantem gara-gara saling ejek tim futsal atau basket. (Padahal mah tim dukungannya kalah terus gengsi) *akuin aja sob*.
  2. Katanya batik sekolah lawan ngikutin batik sekolah sendiri (Dikira yang buat batik cuma sekolahnya aja).
Nah alasan-alasan itu sumpah itu "childish" banget.Kekanak-kanakkan banget.Terus ada yang bilang kalau tawuran itu disuruh kakak kelas alias turun temurun.Nih saya yakin gak bakal ada adek kelas yang mau disuruh-suruh sama kakak kelas.Jangan sok sopan gitu deh,mau aja disuruh yang gak bener sama kakak kelasnya.

Kalau ngeliat tawuran gini tuh,bikin geli sendiri.Kayak gak ada kerjaan,atau emang sekolahnya yang gak bisa didik anaknya dengan bener???.

Tapi pendidikan moral tuh emang penting banget.Sayang Indonesia terlalu senang menilai seseorang dengan angka.Angka ibarat hal yang "dituhankan" sampai-sampai orang bisa melakukan apa aja demi mendapat angka yang besar.Harusnya kan nilai bagus,dengan cara yang bagus.Nah,tugas kementerian pendidikannya nih yang ngedidik pelajar-pelajar Indonesia harusnya dengan hal yang agak lebih masuk diakal.Maen-maenan nilai mah semua orang juga bisa.Gak harus belajar,nyontek aja bisa kok.Tapi kalau praktik dikehidupan,normatif dan sikap kita pasti lebih diperhitungkan.Orang baik-baik itu lebih dibutuhkan loh daripada orang yang licik.

Jadi menurut saya penting banget tuh pendidikan moral diajarkan ke seluruh pelajar.Kalau emang dunia pendidikan terlalu sibuk dengan ngejar hal-hal teori,minimal orang tua sudah mulai menanamkan hal-hal yang baik sama anaknya.Kalau kualitas pribadi di Indonesia bagus,yakin deh pasti semuanya mengikuti.Indonesia bisa jadi bangsa yang besar,tapi itu semua ada ditangan rakyat-rakyatnya.

Kalau mau Indonesia maju ya...

  1. Jangan korupsi
  2. Jangan suka nyontek
  3. Biasakan budaya jujur
  4. Biasakan disiplin
  5. Komitmen tinggi
  6. Bertanggung jawab dalam setiap pekerjaan
  7. Ikhlas dalam setiap apa yang kita kerjakan
Ikhlas tuh emang sulit kok,pasti setiap orang pernah ngeluh.Gapapa,sehat kok.Yang penting habis itu bangkit lagi,usaha lagi yang bener.Selalu berpedoman ke agama,bisa bawa kamu ke jalan yang benar :)

Komentar

Postingan Populer