KPOP Review : "BTS Mini Album - Love Yourself 'HER' "

Annyeonghaseyo yeorobun.......

Maafkan ketelatan update yang haqiqi ini,sumpah telat banget ya gue. Maaf yaaa guys XD Sebenernya udah lama banget pengen update karena banyak yang mau gue review, tetapi dari mager terus ada jadwal exhib di hari minggu membuat gue gagal buat ngeblog,terus ada jadwal praktikum pula. Gue yang mau ngerapihin kamar aja sampe gak jadi-jadi terus loh :'(. Banyak banget hal yang udah terjadi sama ketujuh malaikat gue :') dari perform di AMA, diundang ke talk show terkenal kayak Late Late With James Corden, Ellen Show, dan Jimmy Kimmel Live. Alhamdulillah juga mereka berhasil dapat 3 daesang yaitu Artist Of The Year di MAMA 2017, Song Of The Year buat lagu Spring Day dan Global Artist Award di ajang Melon Music Award 2017. Dan baru kemaren ini mereka perform di SBS Gayo Daejun dan udah pasti dong keren banget performancenya!!!.And it makes me miss them so much!!! Ya Allah, gue bener-bener berharap banget tahun depan BTS bakal ke Indonesia dan gue bisa dateng ke konsernya dan nonton di posisi yang gue inginkan. Aamiin allahumma aamiin. Gue do'ain ARMY reader sekalian juga bisa nonton dan bertemu ketujuh orang tampan ciptaan Tuhan itu yaaa. Aamiin.. :')

Yeorobun, kali ini gue mau review tentang Mini Album terbarunya BTS, tolong dicatat, digarisbawahi dan dibold yaaa ini Mini Album. Yaps BTS comeback pada tanggal 18 September 2017 dengan new series mereka Love Yourself - HER. Buat kalian yang belum tau, dalam merilis album-albumnya BTS selalu membuat konsep series, series yang sudah rilis diantaranya yaitu :
  • School : 2Cool4Skool, O!RUL82, Skool Luv Affair, Dark and Wild
  • The Most Beautiful Moment in Life (HYYH) : HYYH Pt. 1, HYYH Pt. 2, Young Forever
  • WINGS : WINGS , You Never Walk Alone
Nah dan kali ini BTS memasuki new series yaitu Love Yourself dengan mini album pertama di seri ini berjudul HER. Series Love Yourself ini sebelumnya udah di spoiler sama RM di speech pada acara Billboard Music Award pas BTS menang Top Social Artist bulan Mei lalu.
Source : Google
Ketahuilah ketika speech ini berlangsung,gue sedang menonton Live Streaming dan pas Namjoon sebut kalimat ini gue langsung "Tumbenan dia ngomong gini".Bener aja, ternyata ini spoiler buat next comeback mereka --".

Ada banyak hal yang gue banggakan dari comeback kali ini, dan gue mau ucapin terimakasih banyak for my big family ARMY karena udah bersatu dan berusaha keras banget di comeback BTS kali ini sampai ke award-award akhir tahun. My ARMY Family is so damn great!!!. Let us keep loving BTS till the end :). Yaps ARMY is the main character di comeback kali ini, thanks to ARMY yang udah berjuang mati-matian di comeback BTS kali ini karena BTS berhasil mencapai banyak prestasi di comeback kali ini. Diantaranya, penjualan album yang mencapai 1,2 juta kopi dan dari sumber yang gue baca penjualan ini terbesar dalam 16 tahun terakhir, selain itu sekarang BTS masuk chart Billboard HOT 100 selama 4 minggu berturut-turut like finally cita-citanya Suga terwujud dan album Love Yourself pun masuk chart HOT 200 selama 4 minggu berturut-turut. Di comeback kali ini, BTS berhasil memperoleh 10 kali kemenangan di music show dan akhirnya mendapat 2 triple crown. Akhirnya setelah 4 tahun debut, kini BTS dapet triple crown. MV DNA pun menjadi MV KPOP yang meraih 100 juta viewers dalam waktu kurang dari 1 bulan. Dan pada tanggal 24 November 2017, BTS pun merilis lagu dan MV Mic Drop Remix hasil collaborationnya sama Steve Aoki dan Desiigner. And thanks god and thank you so much fam karena Mic Drop Remix ini berhasil memuncaki tangga lagu US iTunes dan masuk ke dalam chart Billboard HOT 50 :'). BTS and ARMY really did a great job, we did it guys! :')
Source : BTS Official Facebook
Lanjut, intinya gue suka banget sama comeback kali ini, jujur aja gue kaget pas awal denger semua lagu di album ini. Karena lagu-lagunya bener-bener beda dari tipe-tipe lagu BTS sebelumnya and finally gue sadar kalau musik BTS berkembang jauh dan meluas ke segala genre. Gue suka banget sama semua lagunya dan gue setuju sama Jungkook kalau lagu-lagu di album ini berhak jadi title track karena semua lagunya emang bagus.

Nah album Love Yourself - HER ini muncul dengan 4 versi, iya banyak dan gue alhamdulillah berhasil mengumpulkan keempat albumnya dengan bantuan ARMY seperborosan gue yaitu Putri. Btw Putri ini temen yang gue temuin dari salah satu grup chat gue, ya BTS membuat gue mengenal banyak orang dan menambah banyak temen banget so thank you so much Bangtan :'). Dan thank you Put sudah membantuku mengumpulkan keempat versi album ini, semoga kita tetap bisa menafkahi bangtan kedepannya dan rezeki kita makin diperbanyak yaa Aamiin :'). Nah keempat versi album ini yaitu versi L, O, V, dan E. Untuk versi L nya gue beli di kgoodsjjang (kalian bisa cek di ig/twitternya @kgoodsjjang) dan untuk O,V dan E nya gue beli ready stock langsung di storenya kpopconnection di Mall Taman Anggrek. Buat harganya, untuk versi L karena gue ikut early PO di kgoodsjjang maka harga yang gue peroleh lebih murah yaitu Rp215.000,- dan untuk album O,V, E karena gue beli ready stock gue kena Rp 225.000,- per albumnya.

Yuk kita mulai reviewnya...

1. Tracklist

Seperti yang udah gue jelasin, gue suka banget sama semua lagu-lagu di album ini. Semua lagunya bagus banget. Tapi buat kalian yang suka lagu-lagu mellow macam Spring Day, Butterfly, dll kayaknya kalian gak nemuin tipe lagu seperti itu di album ini. Semellow-mellownya lagu di album ini menurut gue outro HER dan Sea, itupun nadanya gak mellow banget dan bikin galau gitu. Lagu-lagu di album ini lebih punya beat yang cepet dan buat asik-asik gitu menurutku apalagi Go Go ya. Gue amazed banget ama lagu-lagu di album ini, arti dan intinya ngena tapi nadanya beat dan asik buat didengerin. Dari lagu yang ngejek ARMY macam Pied Piper wkwkwk, terus ada Go Go yang gue merasa tertohok tiap mendengar lirik 'Where my money ya', Mic Drop yang lit dan savage banget 'Did you see my bag????' dan DNA title track terbaik pokoknya. Bahkan gue suka banget sama intro album ini, menurut gue intro album ini terbaik dari intro-intro sebelumnya. Jimin bener-bener sukses nyanyiin Serendipity. Even yang bukan ARMY pun mengakui kalau lagu ini ear catching dan enak banget buat didenger.

Nah dan inilah Tracklist dari album Love Yourself - HER:
  • Intro : Serendipity *
  • DNA *
  • Best Of Me *
  • Dimple *
  • Pied Piper *
  • Skit : Billboard Music Award Speech
  • Mic Drop *
  • Go Go *
  • Outro : HER *
  • Skit : Hesitation and Fear
  • Sea *
Sorry guys gue tandai semua lagunya, but i fell in love in the first listening with all the songs, sumpah lagunya bagus-bagus dan setiap lagu punya kekuatan dan karakteristik tersendiri. Seperti biasa dalam penyusunan lagunya member BTS berpartisipasi dalam pembuatan dan memproduseri lagu-lagunya terutama rap line sih yang berkontribusi lebih di comeback kali ini. Rap Monster, J-Hope dan Suga bener-bener gak bisa diremehkan dari kemampuannya menulis lagu dan memproduseri lagu. FYI, outro HER diproduseri oleh Suga loh. Dan rapper line ini berpartisipasi di semua lagu di album ini dalam penulisan liriknya. Hal lain yang istimewa dari lagu di album ini yaitu adanya salah satu lagu yang ditulis dan diproduseri oleh personil The Chainsmokers yaitu Andrew Taggart dan dia berpartisipasi dalam pembuatan lagu Best Of Me berkolaborasi dengan produser dari Big Hit. Pokoknya untuk masalah lagu gue jamin lagu-lagu di album ini bagus-bagus semua... :')

CD L Ver.
ps : Setiap versi gambar bunganya berbeda-beda guys...

2. Photobook

Seperti yang sudah gue jelaskan ada 4 versi album dalam seri kali ini, so ada 4 jenis photobook pula. Dan gue suka semua konsep photobooknya, tapi kalau boleh pilih gue paling suka konsep foto di L ver. sih... Dan ini contoh-contoh fotonya....

RM on Love Yourself HER Lver.

Jin on Love Yourself HER O Ver.

SUGA on Love Yourself HER V Ver.

J-Hope on Love Yourself HER E Ver.

Jimin on Love Yourself HER L Ver.

V on Love Yourself HER O Ver.

Jungkook on Love Yourself HER V Ver.
ps : foto ini berasal dari twitter @bighitent .But buat penggila photobook macam gue,gue jamin semua album fotonya bagus-bagus apalagi yang L Ver yaaaa.

3. Sticker dan Mini Notes

Kali ini Big Hit sedang berbaik hati karena memberi bonus sticker di album kali ini. Selain itu ada pula mini notes HYYH, buku kecil yang mirip contekan ini isinya potongan-potongan hint dari cerita BTS dari zaman Hwayangyeonhwa sampai Love Yourself Highlight Reel. Tapi biarpun sudah membaca translatean mini notesnya, gue tetap tak paham dengan teori MV BTS ini *aku keburu puyeng gais* wkwkwk...
Stickernya *maaf keterangan jadi kurang jelas yeorobun* :(

Mini Notes L Ver.
ps : Setiap Mini Notes perversi bentuknya sama, warnanya sama, ukurannya juga sama. Yang membedakan hanya isi dan itu di sampul tengah bawah ada tulisan versinya.. :)

4. Photocard

Nah ini yang ditunggu-tunggu dan selalu membuat degdegan saat unboxing. Gue beli keempat versi ini dalam keadaan sealed jadi gue gak tau PC siapa yang berjodoh dengan gue. Dan ternyata buat versi L gue dapet PC Seokjin, dan versi O, V, dan E gue dapet PC Namjoon alias RM. Gue sungguh merasa berjodoh dengan Namjoon di comeback kali ini wkwkwk XD. Tapi buat PC yang ver. E ini gue trade ama Putri gw trade dari RM ke J-Hope karena gue pengen punya beda-beda member wkwkwk. Enggak sih sebenernya siapa aja PC tuh, tapi kalau kalian dapet PC ultimate bias anggap aja lagi kena rezeki nomplok wkwkwk. Btw, PC di album ini ada 28 jenis. Jadi dalam 1 versi ada 7 tipe photocard. Dan kalau kalian kumpulin photocardnya, bagian belakang photocard ini bakal membentuk pola. Secara pribadi gue paling suka photocard di tipe V karena tipenya mirip foto-foto KTP gituloh. Polos-polos gimana gitu...
Ini guys ke 28 PC lengkapnya
Source : twitter @_nuna_V

PC Jin L Ver.

PC RM O Ver.

PC RM V Ver.

PC J-Hope E Ver.

5. Poster

Buat first release kalian bakal dapet poster, dan ada 4 jenis poster yang bakal dirilis. Poster yang didapat sama banget sama gambar grup yang dirilis di twitter official Bighit.
Poster L Ver.

Poster O Ver.

Poster V Ver.

Poster E Ver.
Source : Twitter official Big Hit Entertainment
Yaps demikianlah review an super telat gue mengenai album Love Yourself HER. Mini Album terbaru BTS ini worth it banget buat kalian miliki. Kalian gak harus punya semua versi macam gue wkwkwk, but at least you have one of these versions atau kalau kalian anaknya gak suka denger via tape bisa juga beli di iTunes :) Yang pasti beli dan dengar dari situs asli ya guys. We have to appreciate their hardwork. Bikin lagu dan musik yang bagus itu susah, so mari kita hargai karya mereka. Thank you yang udah mau menyempatkan membaca postingan ini.. :)

Akhir kata Wassalam.. :)

Komentar

  1. halo kak untuk isi dari mini notes nya apakah ada ucapan terimakasih para member ? terimakasih sebelumnya'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiiii, ucapan thanks to dari member BTS nya ada di dalam photobooknya say. Kalau di mini notes itu full isinya potongan cerita hwayangyeonhwa... :)

      Hapus
  2. Kak kan album LY : HER itu ada 4 versi ya keempat versi itu isi tracklistnya sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama... :)
      Yang berbeda hanya isi photobooknya... :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer