My Concert Experience : "IU Love Poem in Jakarta 2019"

Assalamu'alaikum Wr. Wb...

Haiii apa kabar kalian semuaaaa??. Semoga ditengah wabah yang lagi kita hadapi, kita selalu diberi kesehatan. Udah lama banget nih gak update. Terakhir updatean ku yaitu tentang experienceku nonton konser Go Go GFriend di Jakarta, kalian bisa cek disini yaaa. Sebenernya terakhir aku update blog itu masih dibulan Februari, tapi sebenernya aku udah nulis draftnya dari lama dan baru sempet ditambah-tambahin dan baru dishare di Februari. Padahal konsernya udah dari bulan Agustus ^^.

Begitu juga dengan updatean ku kali ini. Biarpun konsernya udah mau berlalu 3 bulan yang lalu, tapi gapapa yaaaa. Let's start the review... :)

Hemmm mulai darimana yaaaa,, oke jadi aku udah ngikutin IU sebenernya di dramanya. Mostly aku tonton drama-dramanya IU. Dari Dream High terus Scarlet Heart... ya ampun apalagi Scarlet Heart yaaaa tolong gue suka banget sama dramanya yang ini!!! (aku pernah review dramanya, bisa cek disini). Dan yang terakhir yang gue ikutin banget-banget tuh dramanya yang Hotel del Luna, bahkan gue sampe beli album ost. nya karena gue suka banget sama drama ini wkwkwk. Drama ini satu-satunya drama yang gue ikutin on schedule setelah terakhir gue nonton drama on schedule itu pas drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo wkwkwk. Become a KPOP fans bener-bener ngurangin waktu gue buat ngedrama wkwkwk XD

Nah terus gimana akhirnya gue denger musik-musiknya IU??. Jadi dari dulu kan gue emang suka nonton Music Bank, gue udah sering banget denger lagu-lagunya IU. Dan dari dulu juga IU kan memang terkenal yaaaaa sebagai soloist di Korea sana. Plus dulu juga gue suka nonton Running Man dan disana lagu-lagunya IU suka diputar. Jadi mostly gue tau lagu-lagu hitsnya IU. Kayak You and I, Rain Drop, Red Shoes, apalagi Good Day. Keminatan gue denger lagu-lagu IU meningkat lagi setelah gue jadi Army wkwkwk. Thanks to Jungkook, yang fans berat mbak IU dan sering banget coverin lagu-lagu IU, darisitu gue tau makin banyak lagu dari Friday, Knees. Sampe akhirnya pas 2018, pas IU rilis Through The Night, gue coba dengerin... dan gue langsung jatuh cinta banget sama lagu itu... SAMPE SEKARANG!!!. Parah pokoknya gue suka banget sama lagu ituuuu :'(. Terus sesudah itu album IU yang Pallete rilis, dan gue pun coba denger lagu-lagunya.... dan gue suka banget sama semua lagu-lagu di album ini!!!!. To be honest ini album wishlist gue banget!!!. Tapi berhubung saya punya anak 3 yaaaaa BTS, Gfriend dan TXT yang tiap bulan silih berganti merilis album atau DVD, ampe sekarang gue belum bisa dan sempet beli album mbak IU yang Pallete ini (yok menerima uluran tangan temen-temen yang mau beliin ni album *lho XD).

Nah semenjak gue seneng banget sama album Pallete ini, pas banget mbak IU ngadain Pallete Concert Tour, tapi sayang banget...waktu itu Jakarta gak masuk ke daftar kota yang didatengin IU. Dari situ gue punya tekad "Kalau IU konser ke Indonesia gue pengen nonton". Dan alhamdulillah do'a gue ini terjawab di tahun 2019... :)

1. Before Concert

Btw sebelum akhirnya IU ini umumin mau adain konser di Jakarta, sesudah dia beres Pallete Concert Tour itu, ada seorang UAENA (fansnya IU) yang komen di instagramnya IU, dia ngomong "When will you come to Indonesia?". Dan ternyata mbak ini dinotice dong sama IU, gue lupa deh dia jawab centang atau apa pokoknya dia bales komen fansnya yang minta ke Indonesia ini. Ini masih awal 2019 an deh kalau gak salah. Gue udah wanti-wanti aja kalau ini jadi kodenya IU buat ke Indonesia. Tapi seinget gue sampe pertengahan tahun 2019 masih belum ada kabar-kabar angin soal konser IU ke Indonesia.

Sampe kalau gak salah sesudah gue nonton konser GFriend di bulan Agustus, IU ini ada fanmeeting di Korea sana dan dia umumin bakal ngadain Asia Tour sebagai pengiring rilisnya mini album terbaru dia yang berjudul Love Poem. Di hari fanmeeting itu dia juga rilis nama-nama kota yang bakal dia datengin dan salah satunya yaitu.... JAKARTA!!!! Yey!!!. Dari situ gue mulai menunggu kabar soal promotor, ticketing, dsb. Karena alhamdulillah sesudah konser GFriend gue masih ada simpenan, karena gue awalnya nabung tuh buat dua konser yaitu Go Go GFriend sama Speak Yourself. Eh ternyata Speak Yourself gak dateng ke kawasan Asia Tenggara dan gue belum bisa buat kejar ke Korea sana. Jadilah gue pake duitnya buat nonton konser mbak IU... ^^

Nah untuk promotornya gue lupa kapan mereka umuminnya, tapi setelah Wings Tour in Jakarta dan Wanna One World Tour gue bertemu lagi sama promotor ini wkwkwk. Konser Love Poem IU di Jakarta kali ini dibawa sama IME Indonesia wkwkwk. Gue udah agak serem aja nih apa aja hal aneh yang bakal terjadi karena pas Wings Tour ama Wanna One World Tour tuh adaaaaa aja deh kejadiannya wkwkwk. Seperti biasa, penjualan tiket kalau promotornya IME tuh mepet!!!. Positifnya kita banyak waktu nabung, negatifnya degdegan gak jelas kapan ini penjualannya plus takut duitnya kepake wkwkwk. Btw, konser IU di Jakarta ini berlangsung 2 hari lho, yaitu pada tanggal 28-29 Desember 2019 pas banget kan di minggu terakhir tahun 2019.

Penjualan tiket konser IU Love Poem ini di hari Rabu 27 November 2019 jam 3 apa 4 sore gitu. Tempat penjualannya di traveloka. Nah kan 1 bulanan dari konser wkwkwk. Mirip-mirip pas Wings Tour (malah 2 minggu sebelum konser baru penjualan). Nah ini pertama kalinya gue beli tiket di travlok. Pengalaman gue.... payah banget!!!. Kenapa gue bilang begini... hemmm freezenya lama banget!!!. Terutama inceran gue di bronze (bronze ini yang paling murah) wkwkkw ini cepet banget dan susah banget didapat. Tapi kalo kalian cari diamond (yang paling mahal) kayaknya cepet santai webnya. Terus gak bisa milih kursi, gue setiap masuk dan nyoba tiket kategori lain pun gw gak ngerti cara milih kursinya karena kayak langsung dipilih sistemnya gitu loh. Dan kalau udah kepilih ama sistemnya di bangku mana better langsung di next aja (kata temenku yang berhasil dapat tiket). Jadi at the end kita gak bisa pilih bangku dengan aman. Beda banget sama ticketing di loket, itu jelas banget bisa milih bangkunya.
Seat Plan Konser IU Love Poem

Oh iya tiket konser IU Love Poem in Jakarta ini harganya berkisar dari 1 juta sampai 2,4 juta venuenya di Tennis Indoor Senayan Jakarta dan all section seating. Harga tiket ini belum termasuk pajak dan fee penjualan tiket, pokoknya gue kena total itu 1,180 juta. Nah seperti tadi kata gue, web nya crash dan gue gak dapet tiketnya tapi bersyukur banget jadi gue ticketing konser ini bareng temen-temen Army gue yang mau nonton konser IU dan itu total ada bertujuh dan itu semua pada coba masuk ke web. Yang berhasil bakal coba ambil tiket sebanyak mungkin, nah gue dapat tiket ini dari salah satu temen gue yang beli tiket lebih (Thanks to Kak Yuyun ^^). Nah btw selain web nya yang crash dan endingnya kita gak pilih kursi sama sekali yang bikin gue makin kurang sreg sama travlok adalah, ada banyak banget kasus yang seatnya double. Jadi misalnya gue dapet kursi M-14 di bronze right ternyata ada juga orang lain yang punya nomor itu persis. Dan yang ngalamin kayak gitu gak cuma satu kasus tapi ada buanyaaaaaakkkkkk banget!!!!. Nyebelin gak... --" Dan endingnya menjelang konser ini jadi banyak banget orang-orang yang diubah section duduknya karena ada banyak orang yang double. Salah satu temen gue ada yang beruntung banget, jadi dia beli bronze terus ditawarin ama pihak travloknya buat pindah seat ke gold (2 section diatas bronze) tanpa harus nambah biaya. KAN ENAK BANGET YEGAK!!!. Jujur kalau itu kejadian ke konser BTS gue bisa murkaaaaa, karena kasian kan orang-orang yang udah bayar lebih. Pokoknya menurut gue yaaa itu gak profesional banget, seharusnya pihak promotor dan web penjual tiket udah bisa atur dengan rapi. Kalo kejadian kek begitu di konser tipe stadium begimana aturnya coba kan susah --". Dan itu belum berakhir gais, sampe hari H konser pun ternyata masih ada orang yang dapet tiket dan nomor kursi tapi ternyata nomor kursinya gak ada di venue :). Jadilah pake kursi tambahan macem kursi undangan ditengah-tengah jalan,ya ampun ke naik bus penuh gak sih. Dan ada juga yang sial, akhirnya kursinya ditaro di row paling atas, padahal tiketnya dia gak dirow atas... SEDIH GAK SIH???. Gue ya kalo jadi mbak yang gak dapet kursinya gue amuk deh panitianya, at least kasih gue kursi yang tersedia bukan kursi tambahan... --" Kacau banget deh ini sistem ticketing yang buruk banget menurut gue sepanjang gue beli tiket konser. Tapi alhamdulillah fans-fansnya IU ini kalem-kalem banget sumpah. Gue gak kebayang kalo sistem kayak gitu terjadi di konser boyband... udah diamuk masa kayaknya. Coba yaaa ke depannya makin profesional duh gue heran banget deh ama konser di Indonesia tuh kek adaaaaaaa aja kupretnya jeleknya gitu --". Soalnya jujur kalo gue ada diposisi yang dirugikan gue pasti kesel banget. Biaya nonton konser tuh gak murah banget dan effortnya gak banget kalo kita dirugikan cuma karena kesalahan promotor atau pihak ticketing.

Oke udah misuh-misuhnya wkwkwk, gue akhirnya dapet tiketnya dan alhamdulillah gak ada yang samaan ama gue. Lancar jaya sampe hari konser.

2. Concert D-Day!!!

Akhirnya sampai ke hari konser, gue berangkat agak siang dari Bogor karena ngapain juga yekan pagi-pagi pada akhirnya gue tetep di kursi itu-itu jugaaa wkwkwk. Plus gue juga janjian sama temen gue di FX Sudirman. Sampai Jakarta gue makan dulu di FX, sekali lagi...makan sebelum nonton konser itu wajib yaaaa teman-temaaaannn. Thanks god venuenya dikawasan Senayan yang banyak tempat makan dan mudah akses.

Habis makan barulah gue ke venue, lumayan yaaa butuh waktu keliling-keliling kawasan GBK, saran gue pake google maps dah kalau kalian kurang hafal ama kawasannya wkwkwk. Sampe venue udah ada banyak banget yang jual dagangan dari kipas ampe banner. Tapi jiwaku sedang miskin, pada akhirnya gue  gak jajan apapun dan berharap ke uluran freebies dari para dermawan :). Sesampainya divenue dan nunggu temen-temen gue, akhirnya kita masuk ke holding areanya. Masuk holding area ini mulai dicek bawaannya di scan dan gak boleh bawa makan minum. Holding Areanya ada tenda gitu tapi ngampar gaisss, dan ada banyak tenda makanan dan minuman juga, tapi mahal banget amit-amit. Gue beli aqua harganya 20 ribu HAHAHAHA tobat dah. Sayang banget disini gak ada keran-keran air minum kek di Singapore padahal kan sama-sama kawasan olahraga yaaa. Selain itu disini ada spot fotonya juga cuma kudu sabar mengantri yaaaaa. Dan alhamdulillah di holding area ini gue berhasil dapat freebies sticker gitu... siapapun kamu,.. terimakasih :). Gue nunggu sekitar satu setengah jam an sampe jam 6 an akhirnya gue masuk venue. Nah biasanya kalau kita beli minum didalem holding area tuh boleh bawa masuk minumnya, tapi dikonser kali ini ternyata gak bisa gais. Dan barang bawaan kita di cek lagi sebelum masuk Tennis Indoor Senayannya. Sampe akhirnya gue masuk ke dalam venuenya.. dan yeay ini first time gue nonton di hall yang ngeliling gitu dan berundak. Karena kalo kalian nonton seating di ICE itu, tempat duduknya kan datar dan hasil buatan orang bukan emang dari gedungnya begitu. Dan saran gue kalau idol kalian adain konser di Tennis Indoor Senayan, kalian nonton di section manapun worth it banget serius!!!. Karena venuenya gak besar-besar banget dan keliatan dari sudut manapun. MANTAB!!!. No regret banget lah ini venue!!!
Dari posisi tempat gue nonton plus postcard yang gue dapet ^^

Gue nunggu sekitar 45 menit sampe 1 jam sampai konsernya dimulai. Btw pas duduk kita udah langsung dapet fan banner, finger light dan postcard. Huhuhu cintaaaaa banget sama fansnya IU di Indonesia yang sukses banget koordinasi sama promotor soal fanproject. Karena mereka memprovide semuanya. Jujur dari konser-konser yang gue datangi di Indonesia fan project ini kurang lancar. Gak semua orang dapet fan banner lah, kebanyakan project lah. Tapi UAENA Indonesia berhasil bisa ngeprovide konser kali ini. THUMBS UP BUAT UANEA Indonesia!!!. Selama nunggu sampe konser mulai sayangnya gak ada MV IU yang diputer gitu sih jadi sempet agak bosan dan dingin banget yak itu didalem haduuuuu. Tapi lamanya menunggu gak selama kayak waktu konser Wanna One, karena konser pun mulai TEPAT PADA WAKTUNYA!!! Ih keren gak, bener-bener on time sih konser di hari Sabtu 28 Desember tuh sampe IU nya ikut ngebanggain promotornya karena bisa on time jalannya konser.
IU in Jakarta (From : IME Indonesia)

Yey!!! Konser pun mulai dengan lagu pembuka Unlucky!!!. Dari situ IU langsung nyanyiin lagu-lagu hitsnya kayak Pallete dan Friday. Dan btw baru gue sadarin, IU itu outfit tiap konser bakal beda-beda. IU CANTIIIKKKK BANGET SUMPAH SERIUSAN GAK BOONG!!!. Rambutnya panjang, kulitnya putih, dia perform pake heels biarpun kadang dia dance dan lari, dan cara dia ngomong wkwkwk mirip banget ama Jang Man Wol!!!. Hayo yang nonton Hotel del Luna pasti tau Jang Man Wol kan wkwkwk. Dari cara ketawa dan ngobrol dia kayak Jang Man Wol ngomong wkwkwk. IU ramah banget... sumpah seumur-umur yaaaa dia tuh artis cewek yang paling humble yang pernah gue liat. Dia selalu tau cara ngebales penonton dan memulai bahasan atau topik pembicaraan. Karena dia perform sendiri jadi disela-sela perform pas di istirahatnya, IU pasti ngajak ngobrol dan enaknya translator pun mampu ngeartiin dengan benar dan cepat ucapan-ucapannya IU ini. Sampe-sampe IU kasih pujian lho ke mbak translator karena cepet dan bener ngeartiin setiap ucapan dia. Di sela-sela mentnya IU juga suka bercanda dan kagum sama penonton Indonesia. IU kagum karena penonton di Indonesia banyak banget yang mampu ikutin dia nyanyi dari awal sampe akhir lagu (memang Indonesian jiwa karokean!!!) wkwkwk. IU gak cuma performin lagu dari album Love Poem, dia juga perform lagu-lagu dari album Pallete dan album yang sebelum-sebelumnya juga. Bahkan IU juga perform lagu dari soundtrack Hotel del Luna, dan selama IU perform soundtrack Hotel del Luna, fanspun tetep ngikutin IU nyanyi (termasuk gue!!!). Apalagi IU waktu itu performin soundtrack yang dinyanyiin Taeyeon yang judulnya All About You. Ya ampun gue suka banget ama lagu ituuu :'(. Dan IU pun nyanyi lagu yang sangat gue tunggu-tunggu yaitu Through The Night.Ya ampun kek FINALLY!!! GUE DENGER LAGU INI LIVE DARI PENYANYINYA!!!. Gue terharu banget sumpah!!!

Sepanjang konser, IU nyanyiin lagu-lagunya live dan dia pun performnya diiringi live band lho. Dia sering banget ngobrol sama penonton sampe gue kira ini kayak fanmeeting wkwkwk. Lagu-lagu yang IU performin pun lagu-lagu yang orang banyak tau termasuk gue yang cuma casual listenernya. Dan konser IU ini  berbeda dari tipe konser-konser idol yang pernah gue datengin. Cukup intimate dan gue banyak nyimpan kesan baik tentang IU. Dan di konsernya dia itu, sesudah encore bakal ada re-encore nah di re-encore ini IU bakal nyanyiin lagu sesuai keinginan penonton. Dan pas waktu itu dia nyanyi lagu Ending Scene !!!! (HAH FINALLY GUE DENGER LAGU INI LIVE!!!), Every End of The Day dan Heart. Huhuhu sayang banget sama IU. Gue salut banget deh sama IU pokoknya semenjak nonton konsernya. Oh iya menjelang ending konser pun dia cerita kalau dia dan staff dapat hadiah dari UAENA Indonesia dan dia pake dong hadiahnya di konser!!!. Parah humble banget!!!.

Pokoknya gue banyak nemuin kesan baik dari nonton konser IU ini. Humble banget and i respect her banget pokoknya!!!.

3. After Concert

Konsernya berlangsung selama 3 jam lebih dan gue harus buru-buru mengejar kereta ke Bogor wkwkwk. Dari Tennis Indoor untungnya gak susah transport, sinyal juga gampang, gue langsung naik grab ke Sudirman dan naik kereta ke Bogor jam setengah 12 an. Gue nyampe Bogor jam 1 an wkwkwk. Malem banget yaaa, saran gue banyak berhati-hati aja. Tapi tenang aja kok di kereta masih rame orang kok gak langsung sepi gitu.

Beres konser gue cukup PCD, tapi gue lebih ke nambah rasa respect gue sama IU sih. Jujur menurut gue konser IU yang gue datengin kali ini bener-bener vibe yang beda banget dari konser KPOP yang biasa gue datengin. Dan konser ini tuh WORTH IT banget parah. Gue no regrets banget nonton konser ini. Thumbs up buat IU dan juga staffnya. Kalau suatu saat mbak IU ke Indonesia lagi dan gue lagi ada rezeki semoga gue bisa liat IU lagi... :)

Sekian review gue dari konser IU Love Poem in Jakarta. Kalian bisa follow atau cek instagramku @goldenbunny58, disitu biasanya aku share soal merch terbaru dan fancam-fancam ku dari konser *biarpun gak bagus-bagus amat* XD.

See you on another posting. Thank you udah baca postingan ku yaaa :)

Source photo : Koleksi pribadi, google, dan IME Indonesia.

Komentar

Postingan Populer