KPOP Review : " BTS 3rd Full Album - Love Yourself 'TEAR' "

Assalamu'alaikum...

Haiii semuaaaaaa..... Waaahhhh siapa yang udah nunggu review an ini??? XD *pede banget emang gue*. Btw maaf yaaa sebelumnya karena gue baru sempet nulis reviewnya hari ini, karena sebelum-sebelumnya weekend gue ada jadwal kuliah, lalu libur lebaran, lalu mager dan sempet sakit pula wkwkwk XD. Bahkan ini pun lagi agak gak fit, tapi gue lagi pengen nulis ^^. Apa kabar semuaaaa?. Semoga semuanya baik-baik dan sehat-sehat yaaa. Aamiin. Oke sebelum gue mulai reviewnya, pada cek dong review gue sebelumnya disini . Di review sebelumnya gue membahas tentang mini album terbarunya GFriend yang gak kalah bagus juga loh.. :). Oke let's start the review !!!
Love Yourself ; Tear
Wow akhirnya guys, BTS merilis lanjutan dari series Love Yourselfnya!!! Setelah 8 bulan semenjak September 2017, finally ada kelanjutan kisah dari Love Yourself. Setelah dibuat bingung dengan dirilisnya MV Euphoria yang dinyanyikan oleh Jungkook. Iya gaissss Jungkook bayi bangtan yang paling uwu itu!!. Siapa yang kaget dan histerissss??!!! Sini samaan sama gue huhuhu :'(. Iya gais jadi awalnya gue termasuk kalangan yang bingung dan sempat mempercayai bahwa Love Yourself ; Wonder adalah comeback selanjutnya. Tapi yaaaa maha benar Big Hit dengan segala teorinya, ternyata BTS comeback dengan Full Album terbaru dengan series Love Yourself ; TEAR.
Euphoria (Love Yourself ; Wonder)
Gue mau cerita sedikit, jadi info PO Album Tear ini keluar dibulan April, seinget gue itu tanggal 25 April. Nah gue lagi diluar rumah abis makan ama temen gue lalu tiba-tiba 'tuing' ada notif dari fancafe BTS indah banget muncul di layar HP gue. Dan ketika gue cek, tenyata PO Album Love Yourself TEAR dimulai dari besok dan dirilis 18 Mei 2018. Kesel gak bacanya?? XD. Besok banget loh wkwkwk XD. Tapi percayalah menjadi Army itu kalian akan terbiasa ngedumel, protes, marah-marah. Tapi pada akhirnya bakal mengontak beberapa online shop "Sis, buka PO Album BTS gak??" XD. Yaaaa, karena gue salah satu makhluk yang begitu wkwkwk. Nah setelah si tanggal PO yang muncul dadakan, ketahuilah munculnya photoconcept tuh lama banget dari tanggal PO. Ampe gue suka ngakak sendiri tiap malem Army nungguin terus gak ada updatean apa-apa. Terus kita panggil diri kita boo boo the fools XD atau ngemention @BTS_twt sambil nanya "Kalian jadi comeback gak sih??" XD. But perjuangan menunggu ini sangat berbuah hasil yang luar biasa. Gila, album ini keren banget banget banget dan banyak banget prestasi yang berhasil diraih dari full album ketiga BTS ini.
Fake Love on BBMA 2018
Ya, full album Love Yourself ; Tear ini merupakan full album ketiga yang dirilis BTS. Sebelumnya, full album yang telah dirilis BTS yaitu Dark and Wild (2014) dan WINGS (2016). Album Love Yourself ; Tear ini juga masuk ke series Love Yourself yang lagi berlangsung saat ini. Setelah sebelumnya ada minialbum Love Yourself ; HER dan theme Love Yourself ; Wonder yang dirilis oleh BTS. Album ini dirilis pada tanggal 18 Mei 2018, dan lagu Fake Love sebagai title track di album kali ini pertama kali ditampilkan ke publik secara live di ajang Billboard Music Awards 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 20 Mei 2018. Setelah rilis, album Love Yourself ; Tear ini berhasil meraih No.1 pada chart HOT 200 Billboard dan hingga minggu ini masih berada di chart HOT 200 bersama album Love Yourself ; HER. Selain itu, Fake Love juga berhasil meraih posisi 10 dalam HOT 100 Billboard. Dan Fake Love juga berhasil menguasai chart iTunes dibeberapa negara. Fake Love menjadi MV Korean Group pertama yang berhasil ditonton terbanyak dalam waktu 24 jam. Dan sampe saat ini viewers MV nya masih bertambah menuju 200 juta viewers padahal perilisannya baru 1 bulan lebih. Lagu Fake Love pun masih masuk top 10 chart musik Korea. Dan Fake Love berhasil membuat BTS meraih predikat Perfect All Kill. Karena saat awal rilis, Fake Love berhasil mendapat posisi nomor 1 di semua chart streaming musik Korea. Selama promosi, Fake Love berhasil meraih 12 kali kemenangan di music show Korea dan 3 kali triple crown di Music Bank, Music Core, dan Inkigayo. KEREN BANGET GAK SIH???!!!! :'(
BTS on BBMA 2018
Next, album Love Yourself ; Tear ini terdiri dari 4 versi yaitu Y, O, U, dan R. Didalam album ini ada 11 track lagu. Lagu-lagunya keren-keren banget dan seperti biasa, BTS selalu memasang arti yang mendalam dari tiap lagunya. Oke mari kita bahas tracklistnya...

1. Tracklist

Ada total 11 lagu yang dirilis pada album ini, dan gak ada hidden track seperti pada album Love Yourself ; HER. Gue pribadi suka banget sama tracklist di album Love Yourself ; Tear ini. Karena menurut gue tracklist di album ini tracklist terlengkap dari album-album lainnya selain album Young Forever. Kalau kalian dengerin Love Yourself ; HER, tracklist lagu-lagunya lebih terkesan beat dan musik santai gitu. Yang agak galau cuma lagu HER *apa cuma gue disini yang galau denger Outro : HER?*. Kalau denger Most Beautiful Moment In Life Part 1 dan 2 apalagi Part 2, lagunya itu kebanyakan mellow dan sedih. Nah kalau Love Yourself ; Tear ini kalian mau denger lagu mellow ada, santai ada, ngebeat ada. Jadi kesannya di gue tuh "Wah ini album lengkap banget deh". Yuk kita bahas satu persatu tracknya...

a. Singularity
Ya ini merupakan intro pada album ini, yang berhasil dinyanyikan dengan luar biasa oleh V. Lagu ini cocok banget ama suara V yang rendah dan dalem. Jujur aja pas lagu ini rilis pasti kalian ngerasain sexy vibe yang besar dari lagu ini, karena gue merasa lagu ini sexy banget wkwkwk. Keren banget pokoknya. Singularity ini turut ditulis oleh salah satu member BTS, yaitu RM.

b. Fake Love
Ini track yang paling adek gue suka dari semua lagu di album ini. Kalau gue??. Ya ampun serius gue sulit memilih. Tapi serius, lagu ini ear catching banget dari awal gue liat MVnya. Bawaannya mellow tau gak sih denger ini apalagi sambil baca artinya. Serius arti lagunya dalem, kayak pernah kan ngalamin kalian ngerasa ngebohongin diri sendiri??. Nah denger ini deh makin kerasa kayak apa yang kita lakukan demi kebaikan orang tapi malah berujung bohong sama diri kita sendiri. Lagu ini diproduseri oleh Pdogg dan Hitman Bang dan turut ditulis oleh salah satu member BTS yaitu RM.

c. The Truth Untold (Feat. Steve Aoki)
Ini nih abis denger Fake Love langsung denger ini ya ambyar. Lagu hasil kolaborasi BTS dan Steve Aoki ini bener-bener diluar ekspektasi. Karena lagu ini mellow parah dan bikin galau ketika ngedengerinnya. Bingung kan Steve Aokinya bagian mana, sama gue juga XD. Tapi The Truth Untold ini keren banget, lagu ini berhasil meraih chart tinggi di tangga musik lagu Korea. Bahkan dia pernah dapet nomor 1 di chart musik Melon ngalahin lagu Fake Love nya bayangin loh. Dan lagu The Truth Untold ini masuk chart top 10 di Music Bank dan Inkigayo. Lagu ini turut ditulis oleh salah satu member BTS yaitu RM.

d. 134340
Yaaa lagu yang paling sulit disebut karena judulnya angka semua wkwkwk. Lagu ini berbanding terbalik sama The Truth Untold. Beatnya agak cepat tapi bukan lagu buat joget-joget. Pernah gak sih kalian lagi males-malesan dan gak mau mikirin apapun??. Nah lagu ini cocok banget buat saat-saat santai kayak gitu. Musiknya keren bisa nenangin, niceu pokoknya. Biar lagunya agak santai begini arti lagunya agak pedih-pedih gitu loh. Jadi 134340 ini nama lain dari Pluto, ya planet yang sangat jauh dan beda peredarannya dia ada tapi dianggap tak ada sama orang-orang sekarang. Coba baca deh arti lagunya, penuh pengandaian dan setelah gue baca sambil denger lagunya, hemmm agak pedih sih huhuhu. Lagu ini turut ditulis oleh ketiga rapline BTS loh.

e. Paradise
Yaaaaa Yaaaa Yaaa sama seperti 134340. Menurut gue lagu Paradise ini enak buat didengar saat santai. Awalan di lagu ini yaitu "La la la la la la la" nya Jungkook mengawali lagu ini dengan indah banget. Pada press conference album Love Yourself ; Tear, Suga bilang kalau lagu Paradise ini adalah lagu yang memiliki pesan sosial buat pendengarnya. Isi lagu ini yaitu bahwa tidak apa-apa jika kita gak punya mimpi, bahwa kita boleh beristirahat sebentar lalu kita berusaha lagi dan berlari lagi karena pasti akan ada 'paradise' yaitu kebahagiaan di hidup kita. Keren kan ini makna lagunya, edan mereka bikin lagu napa dalam amat etdahhh. Lagu ini turut pula ditulis oleh ketiga rapline BTS yaitu RM, Jhope dan Suga.

f. Love Maze
Lagu ini juga cocok buat didenger saat santai. Gue setuju ama RM, lagu ini enak banget beatnya. Gue suka banget. Lagu ini tentang masalah itu bakal selalu ada tapi kalau saling percaya dan gak usah denger kata omongan orang pasti kita bisa melaluinya. Lagu ini bikin lu merasa gak usah denger omongan orang "Let them be them, Let us be us". Bah mantap !!!. Lagu ini turut ditulis oleh RM, Jhope dan Suga, yaaa holy trinity guys.

g. Magic Shop
Ya ampun ini!!! Ini tuh kayak kado yang dikasih Jungkook buat Army banget. Percayalah lagu ini has saved me many times. Lagu ini selalu nyemangatin gue pas gue males ke kampus, saat gue capek, saat gue ada masalah, saat gue kesepian. Serius lagu ini nyelamatin gue. Jadi ini guys lagunya Jungkook. Lagu ini diproduserin sama Jungkook dan ditulis sama Jungkook dibantu juga sama RM, Jhope dan Suga. Dari wawancara di press conference album Love Yourself ; Tear yaampun sumpah dia nulis lagu ini tuh innocent banget kata Jungkook dia cuma nulis apa yang dia fikirin dan apa yang mau dia ucapin buat Army. Which is wow, isi lagu ini full buat menyemangati pendengarnya. Salah satu lirik di lagu ini yaitu garis besarnya aja yaaa, kalau kita capek, menyerah akan sesuatu atau kesepian ya semua hal tentang menyerah, diam dan buka pintu magic shop disitu ada BTS yang bakal selalu nyemangatin dan selalu ada buat kita. Cheesy ya??. Tapi gue merasa ketulusan dan purenya hati Jungkook pas dia jelasin soal lagu ini di press conference album Love Yourself ; Tear. Setelah membuka magic shop dan kita semangat kembali, dia berharap kita (Army) akan kembali semangat dan menunjukkan yang terbaik yang bisa kita lakukan. That's why ada lirik "You give me the best of me, so you give you the best of you" dan ada lirik "So show me, i'll show you". Lagu ini penuh dengan ketulusan banget, gue suka banget sama arti lagu ini.

h. Airplane Pt.2
Wihhhhh ini termasuk lagu favorit gue. Kenapa???. Ini lagu asik banget anjir!!!. Nah ini nih lagu yang bisa bikin lu joget-joget mendengarnya. Ada nuansa latin yang bikin lagu ini makin asik. Lagu ini bisa dibilang lanjutan dari Airplane Pt. 1 dari mixtape Hopeworld nya Jhope. Dancenya juga keren. Parah gue suka banget lagu ini, ini asik banget!!!. Lagu ini turut ditulis oleh RM, Suga dan Jhope.

i. Anpanman
Nah ini lagu kembarannya Go Go sama 21st Century Girl, lagunya ngebeat dan agak guyon ya kayak Go Go dancenya pun begitu. Tapi artinya polos banget loh, jadi dari lagu ini mereka berharap bisa jadi Anpanman (karakter kartun pahlawan) buat kita para pendengar dan penggemarnya. Lagu ini turut ditulis oleh RM dan Suga.

j. So What
Ini lagu asik banget!!!. Waaaaa keren deh, gue suka banget beatnya. Enak buat loncat-loncat wkwkwk. Dan artinya gila keren banget!!!. Lagu ini membuat kita buat gak ragu atas apa yang mau kita lakukan, gak usah peduli apa omongan orang, just do it. Lakuin apapun yang kita mau. Wow there are many BTS's songs yang faedah banget dihidup gue. Gue termasuk orang yang overthinking dan mudah ragu. Tapi banyak lagu BTS yang nyuruh buat udah gak usah dipikirin omongan orang, lakuin aja apa yang lu mau, selow salah dikit gapapa namanya lu masih muda. Parah sih ini lagu keren artinya.

k. Tear
Sama seperti di album love yourself ; her, outro di album kali ini dinyanyikan juga oleh rapline RM, Suga dan Jhope. Ntah kenapa gue setiap denger lagu ini bikin gue makin kuat dan tabah gitu loh. Kan ada gak sih lagu pas kalian denger makes you feel stronger gitu??. Nah Tear dan Boys Meet Evil tuh kind of lagu yang makes me feel stronger everytime i listen to it. Padahal ini lagu pedih loh, tentang perpisahan :(. Di lagu Tear ini Suga nyanyi loh btw that's why dia paling merasa lagu ini tersulit wkwkwk. Outro ini gak kalah keren dari Her, daebak emang uri rapline.

Like RM said di interview-interview sebelumnya, album Love Yourself ; Tear ini lebih berisi tentang kekecewaan, sedih dan pedih-pedihnya dalam cinta guys *uhuy*. Dan dari semua lagu ini serius gue gak bisa milih, semuanya bagus banget!!. Thumbs up for BTS!!!. Dalam waktu 8 bulan mereka bisa bikin lagu-lagu sebagus ini. Keren banget.

2. Album

Okay nah kali ini gue mau ngebahas soal album fisiknya. Semenjak Love Yourself ; Her gue memutuskan untuk mulai membeli album BTS nya se set. Selain karena biar dapet poster, juga karena kalau nunggu readystock harganya suka beda dan guenya males buat ngumpulinnya. Kan agak rugi yaaa kalau beli mahal dan gak dapet poster *maaf orangnya itungan, gue emang gitu anaknya XD*. Nah gue beli album ini di kpopsale (cek ignya di @kpop.sale) nah disitu gue beli 1 set harganya Rp1.060.000,- udah dapet 4 album + tube berisi keempat posternya. Nah kalau kalian baru mau beli sekarang-sekarang bisa loh banyak yang readystock di shopee kisaran harga per albumnya Rp280.000,- per album. Iya biasanya harga readystock lebih mahal dari PO guys. Makanya emang lebih enak ikut PO. Okay lanjut mari kita lihat apa yang gue dapet dari album ini :

a. CD
CD kali ini berwarna hitam beda sama Love Yourself ; Her yang berwarna putih dan masih ada ornamen bunga juga.
CD U Ver.
b. Standee
Dari album Love Yourself ; Tear kali ini kalian bakal dapet standee BTS yang uwu ini. Setiap versi sama kok bentuk standeenya.
Standee
c. Hwayangyeonhwa The Notes
Sama kayak Love Yourself ; Her, kita juga dapet mini notes soal teori dari cerita hwayangyeonhwa. Ada 16 pages per mini notes yang isinya bertulisan hangul dan gue gak ngerti wkwkwk. Serius guys kalau masalah teori Big Hit gue masuk ke kaum-kaum tidak faham :'(. Setiap versi isi ceritanya beda-beda loh.

d. Photocard
Nah ini yang paling asik, yang selalu bikin degdegan, yang jadi sensasi paling asik tiap beli album sealed adalah... "Gue dapat photocard siapa yaaaaa???". Gue bukan pengoleksi PC karena gue gak bisa memilih dari mereka bertujuh makanya PC yang gue koleksi yaitu PC merch kayak dari konser atau fanmeeting. Selebihnya kalau di DVD dan album, gue serahkan kepada yang maha kuasa wkwkwk. Dialbum Love Yourself ; Tear ini dia sama kaya Love Yourself ; HER, tiap versi mempunyai photocard yang berbeda tiap jenis. Jadi kalau mau koleksi lengkap ada 28 total PC nya. Dan di album ini juga ada special photocardnya loh, dan gue alhamdulillah termasuk manusia hoki yang dapet special photocard di album ini. Tapi emang special photocard di album ini agak banyak enggak sesulit dan sesedikit special photocard di album Love Yourself ; Her.  Nah di album Love Yourself ; Tear kali iniiii gue dapet photocard...
JHope dari Y Ver.

Special PC dari Y Ver.

Jin dari O Ver.

Suga dari U Ver.

Suga dari U Ver.
e. Photobook
Karena ada 4 versi maka ada 4 versi photobook yang berbeda pula. Dari keempat versi gue paling suka sama photobook versi Y karena lebih luas aja gitu. Kalau O kesannya sexy uwuuu. Kalau U dan R lebih polos, pure, sederhana. Gue suka sama semua hasil fotonya, tapi kalau disuruh milih versi Y dan O itu yang bagus-bagus sih. Ada 60 page bagian photobooknya dan sisanya lyrics dan ucapan thanks to dari masing-masing member BTS.
RM di Y Ver.

Jin di O Ver.

Suga di U Ver.

J-Hope di R Ver.

Jimin di Y Ver.

V di O Ver.

Jungkook di U Ver.

f. Poster
Seperti biasa, poster ini hanya didapat jika kalian beli album yang cetakan pertama atau first release. Poster yang didapat gambarnya sesuai dengan gambar grup di photoconcept setiap versi yang udah dishare Big Hit.
Y Ver.

O Ver.

U Ver.

R Ver.

g. Big Hit Survey Membership
Nah ini nih yang beda, di album kali ini ada kartu survey gitu dari Big Hit jadi kalian foto QR codenya ntar langsung masuk ke website Big Hit gitu nah disitu isi deh pertanyaan survey dari Big Hitnya. Ntar bakal ada hadiah video ucapan 'Thank You' dari BTS nya. Gue dapet ucapan dari Taehyung, Yoongi, dan Seokjin... ^^
Membership Survey Card

Nah ituuuu diaaaa review gue tentang album Love Yourself ; Tear. Overall gue suka banget sama album ini dan album ini worth it banget karena lagu-lagu didalamnya juga bagus-bagus banget. Gue gak menyarankan dan memaksa kalian buat beli semua versinya. Tapi kalau kalian mau koleksi semua versinya silahkan :). Kalau kalian mau pilih salah satu pun boleh. Jangan lupa buat streaming dan download lagu-lagu dialbum ini di situs aslinya yaaaa. Semoga kalian suka dan bisa menambah informasi kalian soal album ini. Kalau ada pertanyaan, kritik dan saran bisa tulis di kolom komen yaaa :)  Maaf yaaa kalau gambarnya kurang bersih dan bagus huhuhu :( . Unboxing album ini belum gue post di ig gue, someday semoga gue videoin ya wkwkwk. DM aja biar gue videoin hehe. Oke, akhir kata Annyeong... Wassalamu'alaikum Wr. Wb... :)

Follow my Account :

Twitter : @goldenbunny58
Instagram : @goldenbunny58


Komentar

Postingan Populer